Teknik Populer di Mesin Pencari

Teknik Populer di Mesin Pencari

Teknik Populer di Mesin Pencari - Teknik di mesin pencari memang sangat menggiurkan untuk semua orang.. Bagaimana tidak, jika hal itu didukung oleh fakta bahwa mesin pencari saat ini menjadi salah satu solusi dalam mencari berbagai informasi di dunia. Ibaratnya mesin pencari yaitu gerbang dan petunjuk dalam menelusuri dari sekian milyar informasi yang ada di internet. Tidak juga dipungkiri bahwa google masih merajai dominasi mesin pencari. Google masih menjadi rujukan yang handal dalam mencari berbagai informasi yang akan kita butuhkan.

Berbagai teknik digunakan dalam membuat posisi website kita berada dihalaman terdepan google. Teknik-teknik itulah yang dinamakan dengan SEO. Ilmu SEO sendiri tidak mengenal kadaluarsa, artinya ilmu SEO ini terus berkembang, seiring dengan algoritma mesin pencari, terutama google yang juga terus berkembang. Disitulah teknik SEO selalu mengalami perkembangan. Maka bagi seorang pakar SEO, tidak lain dan tidak bukan haruslah memahami bahwa teknik SEO itu bukan yang mutlak, tapi lebih pada pengalaman dan experince masing-masing individu nya.

Beberapa pemetaan SEO juga dilakukan oleh pakar SEO di dunia, salah satunya adalah SEOmoz, berikut pemetaan yang dilakukan oleh SEOmoz :


  1. Social graph metrics (5.30%) Perkembangan jejaring sosial dewasa ini memang hampir tak terbendung, dengan demikian peluang untuk promosi dan mendapatkan rekomendasi dari jejaring sosial semakin besar. SEOmoz telah memetakan pengaruh jejaring sosial terhadap ranking kita dengan nilai 5.30%. Dengan penilaian tersebut, ada baiknya juga kita perlu meningkatkan promosi di jearing sosial untuk menaikkan ranking kita di google. Dengan banyak mensharing konten kita di sosial media, menjadi cara yang efektif dalam mempromosikan website kita, terutama di mata google.
  2. Trafik + CTR (6.29%) Banyak yang berpikir bahwa lalu lintas pengunjung adalah hal yang paling dominan untuk mempengaruhi ranking di google. Tetapi hal ini dibantah oleh SEOmoz menurut apa yang disampaikan dalam gambar grapich paling atas. Ternyata pengaruhnya hanya 6.29% dari 100%. Untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung bukan hal yang instant, kita harus membangun dengan jaringan yang luas, strategi SEO yang handal, dan gunakan keyword-keyword yang populer (gunakan tools SEO untuk mencarinya).
  3. Registration + Hosting (6.91%) Carilah hosting yang terpercaya, termasuk urusan keamanan harusnya jadi prioritas utama. Anda tentunya tidak mau web/blog anda disusupi maleware, trojan dan sejenisnya.
  4. On Page Keyword Usage (15.04%) Yang termasuk dalam optimasi On Page adalah format penulisan H1 untuk judul, H2 sub judul. Selayaknya aturan penulisan pada umumnya dimana judul tulisan dengan headging 1 dan sub judul headging 2. Selain itu juga adanya penekanan keyword-keyword yang anda bidik. Hal ini tidak saja memudahkan robot google untuk mengenali format artikel anda, tapi juga memudahkan pembaca dalam membacanya. On Page sangat berpengaruh besarnya terhadap hasil pencarian organik, apalagi dengan pemanfaatan teknologi semantic, mesin pencari sudah sangat cerdas untuk menganalisa dan mengindex artikel anda.
  5. Anchor Text Of External Link To The Page (20.26%) Anchor Text bisa juga disebut sebagai judul link/labeel link. Anchor Text yaitu tulisan yang yang kelihatan dan digunakan sebagai hyperlink. Biasanya ditandai dengan tulisan berwarna biru, atau bergaris bawah dan jika di klik akan mengarahkan ke halaman website. Gunakan Anchor Text yang yang relevan dengan website anda, terkait juga dengan keyword yang sedang anda bidik, sebaiknya dijadikan Anchore Text.
  6. Link Popularity Of The Specific Page (22.33%) Mempunyai banyak backlink memang sangat menguntungkan buat website anda. Akan tetapi kualitas web yang mengarahkan linknya ke kita harus bagus. Misalkan website dengan page rank 5 di Google mengarahkan sebuah link ke kita, tentu ini akan lebih baik dengan blog page rank 0 yang mengarahkan linknya ke kita dan hal itu memiliki pengaruh yang sangat tinggi sampai 22.33%.
  7. Trust/Authority Of The Host Domain (23.87%) Belilah domain di vendor ternama, seperti namecheap, godaddy dan sejenisnya. Hindari pembelian domain yang dulunya dipakai untuk hal yang tidak baik. Bisa menggunakan domain yang lama, tetapi pastikan nama domain adalah domain yang terpercaya oleh Google sebelumnya. Jika tidak memungkinkan, belilah domain baru..
Dari survey SEOmoz tersebut, memang bukanlah hal yang mutlak, namun perlu menjadi pertimbangan bagi anda yang menginginkan teknik populer di mesin pencari. Tentu setiap orang berhak untuk dapat mengembangkan tekniknya masing-masing. Sehingga proses belajar SEO tidak akan pernah berhenti, kena Googlee juga tidak berhenti berinovasi.

Teknik Populer di Mesin Pencari

2 comments: