Kekurangan dan Solusi Blogspot Untuk SEO


Kekurangan dan Solusi Blogspot Untuk SEO


Kekurangan dan Solusi Blogspot Untuk SEO - Bicara tentang kekurangan atau kelemahan Blogspot apakah SEO friendly atau tidak. Unrtuk kekurangan atau kelemahan Blogspot sebenarnya sudah di bahas di banyak blog-blog lain dan banyak di forum-forum. Tetapi masih sedikit yang membahas bagaimana cara menutupi kekurangan-kekurangan blogspot agar menjadi SEO friendly.


pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana menutupi kekurangan blogspot agar menjadi mesin blog yang powerfull di SEO agar blog agan-agan menjadi banyak pengunjung dari google. Di sini saya akan memberikan beberapa masalah dan solusi pada mesin blogger:


1. Blogger/Blogspot Tidak Memiliki "The Real Category"



Pada dasanya Blogspot tidak mempunyai kategori yang real atau sesungguhnya. Sebagian besar para blogger memmanfaatkan Label sebagi kategori. 

Setelah saya lakukan analisis pada robot.txt pada blogspot saya mendapati bahwa setiap alamat URL yang mengandung "/search" tidak akan di follow oleh robot google yang mengakibatkan alamat tersebut tidak akan di index oleh google. contoh alamat URL label blogspot: (http://hduniateknologi.blogspot.com/search/label/Belajar%SEO%Blogspot) pada contoh tersebut mengandung "search". Artinya pada label blogspot tidak akan di index oleh google dan link yang menuju label tidak pernah di anggap sebagai backlink. 

Solusinya: "gunakan tag nofollow" pada setiap link menuju label, baik pada postingan maupun pada sidebar blogspot agan. Memberikan backlink menuju alamat URL label pada blogspot hanyalah hal yang sia-sia.

2. Template Blogspot Tidak Valit XHTML

Pada masalah ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai masalah yang sangat besar pada mesin blogspot tetapi sebagai pengamatan seorang blogger pemula seperti saya melihat masalah ketidak validan  template blogspot ini tidak menjadi pengaruh ke mesin SEOan mesin blogger. 

Solusinya: saya sarankan untuk memakai template yang blogspot yang valid html.

3. Template Blogspot Tidak SEO Friendly


Dari masalah related post, title, meta tag dan lain sebagainya, blogger tidak menyediakan secara default. Untuk itu agan-agan dapat menambahkan fitur-fitur sendiri dengan cara mengedit kode html blogspot agan. 


Solusi: Untuk solusi pada masalah ini saya belum menemukan yang tepat caranya. Tetapi agan-agan bisa baca pada cara mengedit Blogspot/Blogger template agar SEO friendly.


4. Alamat URL yang Terbatas


Agan-agan coba perhatikan contoh alamat URL postingan saya yang terpotong berikut ini,  http://hduniateknologi.blogspot.com/2013/02/sony-xperia-e-kemampuan-foto-teknologi.html, judul postingan tersebut adalah sony xperia e kemampuan foto teknologi foto cybershoot. Perhatikan pada tulisan yang berwarna merah serta bandingkan dengan judul postingan sesungguhnya. Terlihat pada kenyataanya tidak seluruh judul postingan menjadi alamat URL yang pada artikel blog yang kita buat, dan terpotong hanya sampai 6 kata saja. Ini berpengaruh pada posisi postingan tersebut di serp, seperti yang agan-agan ketahui bahwa keyword yang ada pada URL sangat berpengaruh di google.


Solusi: ketika agan akan posting artikel cobalah memendekkan judul pada postingan agan hingga maksimal 6 kata saja. Setelah terpublish agan langsung edit lagi dan ubah judulnya menjadi judul lengkap sebelum agan pendekkan.


Demikian potingan Kekurangan dan Solusi Blogspot Untuk SEO. Jika agan-agan punya masukan silahkan komentar pada blog saya. Atau ada masalah lain pada Blogspot.



sumber: http://blogjuragan.blogspot.com.

6 comments:

  1. thanks infonya gan......sukses gan...

    http://www.rotanmebeljepara.com/kursi-tamu-jati-doff/

    ReplyDelete
  2. kayaknya konten dan meta description lebih penting deh mas saat ini... Google lebih ngerti koq...

    untuk URL juga sekarang sudah bisa di panjangkan silahkan saja lihat...

    ReplyDelete
  3. Memang blogspot mempunyai banyak kekurangan tapi kelebihan nya juga ada .yaitu gratis dan mudah ...
    ok gan makasih infonya..

    ReplyDelete